Jumat, Desember 21, 2007

Jangan menyisakan makanan!!!

Sering kali kulihat, banyak orang menyisakan makanan ketika makan. Entah itu masih separo porsi atau tinggal sebutir nasi. Tapi bagiku, itu tetap sisa, nggak habis. kenapa sih pada nyisain makanan? sakit rasanya lihat orang makan dan ada sisa makanan. gak pernahkah dia merasakan kelaparan? tak tahukah dia rasanya kelaparan? ataukah dia acuh tak acuh rasanya kelaparan?

Teman, makanan tidak boleh dianggap enteng. Dalam makanan itu, kamu tidak tahu bagian mana barokah yang diberikan 4JJI padamu. Dan kalau ternyata barokah yang diberikan oleh 4JJI terdapat pada sisa makanan itu, sia-sialah kamu makan. tidak dapat barokah dari 4JJI yang mengandung kebaikan bagimu, percuma saja berdoa kalau barokahnya tidak kamu dapatkan. mau dapat apa? sama saja dengan menyia-nyiakan barokah 4JJI

makanan yang sisa akan menjadi sampah. sampah itu akan jadi habitat mikroba dan bakteri. mikroba dan bakteri itu menghasilkan zat racun dan menyebabkan bau busuk. tentunya itu mencemari lingkungan. lingkungan yang kotor diperparah oleh sisa makanan yang membusuk. ini jelas lingkungan yang tidak sehat. dengan anda menyisakan makanan, berarti anda juga berperan dalam pencemaran lingkungan

Orang yang menyisakan makanan itu menandakan bahwa dia adalah orang yang tidak peka terhadap lingkungan sekitar. tidak ingatkah dia pada para fakir miskin? tidak ingatkah dia pada pengemis jalanan? tidak ingatkah dia pada korban bencana alam?Tidak ingatkah dia pada orang2 yang kelaparan? sesuap kecil makanan saja sangat berharga bagi mereka, apa lagi kalau dihadapkan pada makanan yang melimpah. bagi mereka rezeki sekecil apapun sangat berharga, tidak akan disia-siakan barang sedikitpun. Rezeki disyukurinya, karena jadwal makan mereka tak tentu. lebih sering kelaparan daripada kenyang.

Makanan itu juga merupakan rezeki disamping berupa harta benda. ingat, makanan itu kebutuhan utama manusia. Apabila tidak ada makanan, manusia tidak akan bisa hidup walau punya harta. tidak semestinya rezeki yang diberikan 4JJI pada kita disia-siakan. ini sama saja dengan kufur nikmat. Padahal, bila kita kufur terhadap nikmat 4JJI, bahwasanya azab 4JJI itu sangat pedih.

bagi yang pernah makan sama saya pasti tahu kalo aku sangat tidak suka dengan makanan sisa. waktu mega bazar komputer di JEC beberapa waktu silam aku mendamprat beberapa temanku yang menyisakan makanan. KL di karang sambung juga begitu. aku hanya mengingatkan teman2ku supaya tidak menyisakan makanan. alhamdulillah anjuranku diindahkan oleh teman2ku. so, dalam KL gak ada istilah makanan sisa (ya iyalah. lha wong kelaparan semua habis dari lapangan!).















Gambar di atas merupakan salah satu contoh makan dengan tanpa sisa. Seharusnya begitulah kalo makan. Bagi temen2 yang masih nyisain makanan, habiskan makananmu ya!!!!!

Tidak ada komentar: