Selasa, Maret 11, 2008

betapa kangennya aku dalam kehidupan sastra

ahoy, setelah sekian lama akhirnya aku menulis lagi. didera oleh berbagai macam tugas kuliah dan kegiatan organisasi yang hampir tidak memberi kesempatan untuk bernapas. oh God, alhamdulillah semua itu terlaksana, walau beberapa belum memuaskan. tapi selalu berjuang untuk melakukan yang terbaik,. kita hanya berusaha, biar yang menentukan hasilnya adalah 4JJI SWT.

beberapa waktu belakangan ini aku tergelitik kembali untuk membaca beberapa karya sastra. karya sastra itu berupa novel, puisi, dan sebagainya. dalam tempo 2 bulan aku menyelesaikan 2 novel dan 1 epos. Novel tersebut adalah Laskar Pelangi dan Ayat-Ayat Cinta, Epos yang kubaca adalah Mahabharatta. semua yang kubaca diatas sangat menarik. Laskar Pelangi menceritakan tentang sekumpulan anak belitong yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan, ayat2 cinta bercerita tentang cinta seorang pria yang sangat ruwet, sad ending (hiks...hiks...), mahabarata bercerita tentang kebaikan pasti menang melawan kejahatan dengan dengan latar hindu, penuh sanepa dan ajaran yang baik.

muke gile, kesambet apa yah aku ni? biasanya aku cuma baca koran atau artikel2 yang menarik di internet. sesekali dengan jurnal ilmiah atau bacaan nonfiksi tentang sosialisme. sekarang aku sedang membaca novel dari Langit Kresna Hariadi, Candi Murca : Ken Arok, Hantu Padang Karautan. ini novel sangat unik karena memiliki beberapa alur yang bergerak pararel. juga gaya bahasa pengarang yang mudah dimengerti. udah selesai 350-an halaman, padahal tebelnya 832 halaman! ouwh, masih agak lama, tapi menarik untuk tuntas dibaca. isinya tentang candi yang dilindungi dengan mantra-mantra agar tidak dihancurkan oleh pihak2 tertentu. karena diberi mantra, candi itu murca, antara batas ada dan tiada. nantilah kalo aku dah selesai baca kubuatin resensinya.

sekarang ini aku merasakan kerinduan yang amat sangat pada kegiatan sastra. dulu pas sma aku bisa dengan bebas berpuisi, baca novel, main teater, n so on. dengan dukungan banyak teman aku bisa berkarya dan merasa menjadi manusia bebas, karena pada hakekatnya sastra itu memanusiakan manusia. menyenangkan sekali waktu itu, bahkan sama temen2 sekelas bikin film yang mungkin gak mutu, tapi sangat berkesan bagi kami.

aku kangen deklamasi puisi.....

aku kangen main teater......

aku kangen musikalisasi puisi.....

aku kangen..........


kuliah di FMIPA tidak memberi kesempatan padaku untuk mengekspresikan segala kekalutanku melalui sastra. banyak sekali kewajiban yang mengungkung disini. aku ingin bebas, sebebas-bebasnya. seperti ikan yang berenang jauh di lautan dan elang yang terbang tinggi di langit biru. sayang, ikan itu mengendap di kotak kaca dan hanya menjadi permainan orang yang melihatnya, sayap elang itu patah dan hanya dapat berdiri tanpa mampu mengepakkan sayapnya. ah, betapa mengenaskan.......


DJ Baba

dengan sastra kita bebaskan dunia!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wes tau moco 5cm....donny dirgantoro, apik kui...